Pages

Sunday, July 31, 2011

Mengenal Visual Basic 6 (Bagian 2)

artikel ini merupakan lanjutan dari Mengenal Visual Basic 6 (Bagian 1) soalnya kalo artikelnya dijadiin satu nanti kepanjangan. oke kita lanjut aja..!!
dalam visual basic ada tool-tool yang sangat berguna bagi para programmer untuk mengembangkan aplikasi yang mereka buat.yaitu:

Properties

Propoerti digunakan untuk menentukan setting suatu objek. Suatu objek biasanya mempunyai
beberapa properti yang dapat diatur langsung dari jendela Properties atau lewat kode program. Setting
properti akan menentukan cara kerja dari objek yang bersangkutan saat program aplikasi dijalankan,
misalnya menentukan warna objek, bingkai objek, pengambilan data dan lain-lain.

Kode program

Kode program adalah serangkaian tulisan perintah atau intruksi-intruksi yang menggunakan bahasa basic, dan kode tersebut akan dijalankan sesuai ketentuan event pada visual basic. jika programmer menulis serangkaian intruksi-intruksi tersebut pada event Form_Load (pada gambar) artinya intruksi tersebut akan dijalankan pada saat  Form ter-Load atau Aplikasi baru dijalankan
Kode program ini akan mengontrol dan menentukan jalannya suatu objek. cara memview Kode Program yaitu: klik kanan Form lalu klik tulisan View Code.

 Menu Editor

Menu Editor merupakan cara untuk pengeditan atau pembuatan menu-menu yang biasanya terletak diposisi paling atas area form.
untuk mengisikan intruksi atau kode  pada menu terdapat pada Tool: View Code yang menggunakan event Click. Cara membuka menu editor yaitu: Klik kanan Form lalu pilih tulisan Menu Editor.

No comments:

Post a Comment